~Buat sang WaniTa~

8:58:00 PM


Assalamualaikum..ingin saya hadiahkan cerita ini kepadamu buat srikandi yang seringkali menuntut adil dalam banyak perkara sehingga menyebabkan lelaki buntu dalam memahami adil yang kamu inginkan. Renungkan cerita ini.Bukan hanya untuk wanita tapi buat semua yang ingin memahami maksud adil itu sendiri.ikuti kisahnya.......



Tak jauh dari sebuah kota, dua orang tengah duduk santai. Menjelang maghrib mereka didatangi seorang lelaki tak dikenal kehabisan bekal dan mengharapkan pertolongan mereka

Kebetulan mereka memiliki roti, dan keduanya pun tak keberatan, mereka mengeluarkan sisa bekalnya masing-masing. Yang satu sisa 5 potong roti, yang lainnya 3 potong; jadi jumlahnya 8 potong. Agar adil setiap roti di bagi 3 sehingga jumlah potongan adalah 24 buah. Tiap orang mendapat 8 potong roti. Mereka berbincang hingga larut dan akhirnya tertidur. Keesokan harinya, betapa terkejutnya dua orang itu, tamu yang mendatangi mereka kemarin meninggalkan 8 keping wang logam sebagai tanda terima kasih.

“Kita bagi rata wang ini. Saya 4 keping dan anda 4 keping.” Ujar orang yang memiliki 3 potong roti.

“Bukankah engkau hanya memiliki 3 roti sedangkan aku 5? Sebaiknya kita bagi berdasarkan jumlah roti masing-masing. Aku 5 dan engkau 3.” Kata orang pemilik 5 roti.

“Ini tidak adil, lelaki itu tidak meninggalkan pesan apa-apa”

Demikianlah mereka terus berdebat hingga bertemu dengan Ali. Kemudian mereka menceritakan persoalan yang terjadi.

Ali berkata, “Sebaiknya terima pandangan teman anda yang memiliki 5 keping roti agar dibagi menurut jumlah roti.” Ujar Ali pada pemilik 3 roti yang masih merasa kurang adil.

“Baiklah kalau begitu, saya akan membagi wang ini dengan adil, anda 1 keping dan dia 7 keping!” ujar Ali kemudian.

“Hah! mengapa begitu?” Tanya orang pemilik 3 potong roti.

“Setelah potongan kalian dibagi menjadi 24 potong, masing-masing memakan 8 potong. Yang dimakan lelaki itupun delapan potong sebagaimana kalian. Ia meninggalkan delapan keping wang ini untuk membayar roti yang ia makan, betulkah demikian?” Tanya Ali kepada mereka.

“Ya benar,” jawab mereka hampir bersamaan.

Kemudian Ali melirik ke arah orang yang memiliki tiga potong roti, ”Tiga potong roti anda kalau dipotong 3 menjadi 9 potong. Berarti sisa roti anda yang dimakan pria itu 1 potong, karenanya anda mendapat 1 keping wang.”

“Sedangkan anda,” ujar Ali kepada orang yang satu lagi, “Jika 5 potong roti anda dibagi 3 maka menjadi 15, anda sudah memakan 8 roti, sisanya yaitu 7 potong dimakan musafir itu. Karenanya anda mendapat 7 keping wang.”

Akhirnya mereka sepakat untuk membagi wang berdasarkan jumlah roti masing-masing. Ternyata adil itu tidak berarti sama, tetapi meletakkan sesuatu pada tempatnya.

>>faham ke tak ni ???saya harap kita semua renungkan kembali. Kita seringkali faham adil itu mesti sama banyak.tetapi ia tidak semudah itu.

You Might Also Like

0 strawberries yummy

Follow me

Like us on Facebook

Follow us

Flickr Images