KuLtuM 01~Menggapai kehidupan Abadi

11:39:00 AM

an-nahl-96.jpg
Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (An Nahl 96)


Ada 3 pesan singkat dari Allah swt  yang terkandung dalam surat An Nahl ayat 96 diatas, yaitu:

  1. Semua yang ada pada kita, tubuh yang cantik dan indah, harta berlimpah berupa rumah, mobil, tempat usaha dan lain sebagainya pasti akan lenyap dan musnah.

  1. Yang kekal dan abadi hanya apa yang ada disisi Allah, berupa amal soleh, infaq, sedekah, harta jariah, ibadah pada Allah, kalimat dzikir, tasbih, istigfar dan lain sebagainya.

  1. Allah akan membalasi orang yang sabar dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan didunia ini.


Dalam kehidupan sehari hari kita sering lupa, bahwa apa yang ada pada kita seperti tubuh yang indah, rumah, kendaraan, harta berlimpah, pangkat, jabatan, karib kerabat semua itu akan musnah, dan lenyap dari sisi kita. Suka atau tidak suka kita pasti akan berpisah dengan semua itu. Kita yang meninggalkannya (meninggal dunia) atau semua kesenangan dan kenikmatan itu yang meninggalkan kita (hilang, terbakar, diambil orang dan lain sebagainya). Sepanjang hidup kita disibukan mencari dan mengumpulkan sesuatu yang pasti lenyap itu. Kadang kala kita mendapatkannya dengan cara yang tidak terpuji.

Kita sibuk mencari dan mengumpulkan sesuatu yang pasti musnah dan lenyap dari sisi kita, sehingga lupa mencari dan mengumpulkan sesuatu yang kekal abadi menemani kita sepanjang zaman, tidak  bisa lenyap dan musnah. Amal soleh , ibadah, dzikrullah, infak, sedekah , ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang kekal abadi menemani kita sampai pada kehidupan akhirat. Rasulullah mengingatkan bahwa ada 3 perkara yang menemani manusia:

  1. Harta benda menemani manusia selama ia masih hidup dan bernafas
  2. karib kerabat, sanak famili yang menemani manusia hanya sampai liang kubur
  3. Amal soleh yang menemani manusia sampai masuk kubur, bahkan sampai hari berbangkit.

Kenyataannya sebagian besar manusia menghabiskan waktunya untuk mendapatkan yang nomor 1 dan 2 sesuatu yang pasti berpisah dengan dirinya. Sedikit sekali yang berusaha mendapatkan yang kekal dan abadi ( no 3).

Sabar dalam menghadapi cobaan dan berbagai kesulitan didunia ini termasuk amal soleh yang abadi yang akan kita bawa sampai ke akhirat nanti. Allah akan membalasi orang yang sabar dengan kebaikan yang banyak. Itulah amalan yang kekal dan abadi yang menemani kita sampai kehidupan akhirat.

Sabar adalah perbuatan terpuji yang disukai dan dicintai Allah. Sabar dalam penderitaan,perjuangan, kesempitan dan kesulitan hidup, sabar terhadap omongan yang menyakitkan serta tindakan orang lain yang tidak bersahabat. Sifat sabar termasuk sesuatu yang kekal dan abadi. Pahala dari sifat sabar akan dibawa sampai kehidupan akhirat, itulah amalan yang kekal tidak akan pernah lenyap dan musnah.

Dalam kehidupan sehari hari dewasa ini banyak kita dapati orang yang tidak sabar menghadapi penderitaan, tekanan ekonomi, kesukaran dan kesempitan hidup, berusaha mengakhiri hidupnya dengan berbagai cara. Ada yang gantung diri, terjun dari menara atau gedung bertingkat, minum racun, membakar diri dan lain sebagainya. Mereka menyangka dengan mengakhiri hidup masalah mereka telah selesai. Justru mereka akan menghadapi masalah yang lebih berat di alam barzakh dan pada kehidupan akhirat nanti.

Kalau mereka mengerti justru dengan bersabar, berarti mereka telah mengumpulkan berbagai kebaikan yang kekal dan abadi yang akan mereka bawa sampai kehidupan akhirat nanti. Itulah tiga pesan singkat dari Allah swt  yang disampaikan pada kita melalui Qur’an-Nya yang agung yang tertulis dalam surat An Nahl ayat 96.  Semoga pesan ini dapat kita pahami dengan baik dan menjadi pedoman bagi kita dalam menjalani kehidupan dunia yang penuh kemelut ini.

You Might Also Like

0 strawberries yummy

Follow me

Like us on Facebook

Follow us

Flickr Images