KuLtum 04~SediKit YanG BersYukur

11:50:00 AM




al-araaf-10.jpg

Walaqod makkannaakum fil ardhi waja alnaa lakum fiihaa ma’aayis, qoliilam maatasykuruun

 Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.
 (Al A’raaf 10)

Dalam pesan singkat pada S Al A’raaf ayat 10 ini Allah mengingatkan tiga hal:

  1. Allah telah menempatkan manusia untuk hidup dan berkembang biak dimuka bumi ini.
  2. Allah telah mengadakan berbagai fasilitas dan kebutuhan hidup bagi  manusia agar mereka dapat hidup dengan  layak dan nyaman  dimuka bumi ini.
  3. Namun demikian sedikit sekali manusia yang menyadari dan mensyukuri semua pemberian Allah tersebut.
sawah-gedung.jpg

Dari 9 planet yang mengitari matahari, hanya bumi yang layak dan dapat didiami oleh manusia.Planet lain seperti Mars, Yupiter, Venus, Saturnus dan lain lain tidak bisa dihuni oleh manusia. Kalau tidak terlalu dingin ya… terlalu panas, dan mengandung gas beracun  yang tidak memungkinkan manusia hidup diatasnya. 


Allah telah menjadikan bumi sedemikian rupa terbentang luas, dipenuhi tumbuh2an, buah2an, binatang ternak sebagai sumber makanan bagi manusia. Laut yang luas berisi berbagai jenis ikan yang juga menjadi sumber makanan bagi manusia. Allah telah menjadikan berbagai fasilitas seperti Rumah, gedung, kendaraan mobil, kereta, pesawat terbang, kapal laut  sebagai alat transfortasi, Berbagai alat elektronik untuk sarana komunikasi, hiburan, memudahkan pekerjaan kantor, rumah tangga dan lain sebagainya.

Allah memanjakan manusia dengan berbagai fasilitas yang menunjang kehidupan. Namun demikian sedikit sekali manusia yang menyadari semua ini. Mereka merasa bahwa semua itu memang telah menjadi hak mereka. Mereka tidak ingat pada Allah yang telah memberikan semua fasilitas itu. Tidak ada ucapan terima kasih, atau rasa syukur pada-Nya. Manusia sibuk memuaskan hawa nafsunya masing masing, mereka makan dan bersenang senang, mengumpulkan harta sebanyak banyaknya, seolah olah mereka akan hidup selama lamanya di bumi ini.

swalayan.jpg

Jangan heran kalau melihat sebagian besar manusia berperi laku seperti itu, jangan heran kalau melihat sedikit sekali manusia yang bersyukur dan berterima kasih pada Allah atas semua pemberian-Nya. Allah telah mengingatkan hal itu dalam al Qur’an-Nya yang agung. Begitulah kelakuan sebagian besar manusia

Bagaimana dengan kita??…. akankah kita mengikuti jejak langkah orang yang tidak tahu berterima kasih pada Allah tersebut??. Mari kita instrospeksi diri, mari kita renungkan , sudahkah kita bersyukur pada-Nya?. Sudahkah kita sujud  dan patuh pada semua perintahNya?.Sudahkah kita mengucapkan terima kasih atas semua pemberianNya? Mari kita nyatakan rasa terima kasih kita kepada Dia yang telah menempatkan kita di bumi ini dan memberi berbagai fasilitas kepada kita, dengan mematuhi semua perintah dan menjauhi larangan-Nya. Pujilah Allah sebanyak banyaknya, ingat dan sebut nama-Nya sepanjang hari . Mari kita rukuk dan sujud pada-Nya dengan ikhlas dan ridho, sebagai tanda syukur kita pada-Nya.

You Might Also Like

0 nasihat